Kamis, 23 Februari 2017

AL- KINDI


AL-KINDI adalah orang Islam pertama yang muncul dengan gagasan-gagasan filsafat dan dianggap sebagai representasi awal dari sederatan filosof muslim yang muncul kemudian. Al-Kindi juga merupakan filosof berkebangsaan Arab pertama, sehingga ia kerap pula disebut sebagai Failasuf al-Arab. Ia muncul dengan ide tentang adanya kesamaan kebenaran antara agama dengan filsafat, sehingga menurutnya tidak perlu ada petentangan antara keduanya.
Al-Kindi dikenal sangat luas wawasannya. Dari filsafat, eksakta hingga kebudayaan dikuasainya. Para ilmuwan Barat, semisal Geronemo Cardano (1501-1576) dan Roger Bacon (1214-1294), menilainya sebagai seorang pemikir paling cerdik dalam sejarah dunia, pakar tanpa tandingan dalam bidang optik, filsuf jenius bangsa Arab.
Al Kindi telah menulis banyak karya dalam pelbagai disiplin ilmu, dari metafisika, etika, logika dan psikologi, hingga ilmu pengobatan, farmakologi, matematika, astrologi dan optik, juga meliputi topik praktis seperti parfum, pedang, zoologi, kaca, meteorologi dan gempa bumi.
Di antaranya ia sangat menghargai matematika. Hal ini disebabkan karena matematika, bagi al-Kindi, adalah mukaddimah bagi siapa saja yang ingin mempelajari filsafat. Mukaddimah ini begitu penting sehingga tidak mungkin bagi seseorang untuk mencapai keahlian dalam filsafat tanpa terlebih dulu menguasai matematika. Matematika di sini meliputi ilmu tentang bilangan, harmoni, geometri dan astronomi.

Inilah sekilas penjabaran mengenai Al-Kindi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar