Rabu, 22 Februari 2017

Resep Sanggar Pappe (Banana Smack Down)

Resep Makanan Khas Sulawesi, yaitu sanggar pappe cocok sekali di buat untuk sang perantau, ketika di hari libur untuk mengisi waktu bersama teman teman ngumpul ngumpul. selain sebagai ajang silaturahmi juga bisa sebagai ajang penikmat cita rasa budaya Bugis. langsung saja kepada intinya..

Bahan :
1. 5 biji Pisang  Kepok Muda (untuk porsi 1 orang). bayaknya Pisang tergantung banyak yang di inginkan.
2. 3 biji buah tomat
3. 10 biji Cabe Rawit
4. 2 biji Bawang Merah
5. 2 Biji Bawang Putih
6. Minyak Goreng.....
7. Secukupnya Terasi, gula, dan garam dan Fitsin

Langkah Langkah :
* pertama tama kupas pisangnya menggunakan pisau setelah dikupas direndam dalam air garam untuk mencegah pisang bewarna hitam dan memberi rasa
* setelah semua pisang telah dikupas, panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang hingga pisang setenga matang, angkat lalu tiriskan, lalu jepret/ditumbuk-tumbuk menggunakan cobek hingga pisang menjadi kempes/gepeng. setelah itu goreng kembali hingga pisang bewarna kecoklatan dan garing, angkat lalu tiriskan.
* membuat sambal terasi ; belah dua tomat segar lalu digoreng bersamaan cabe rawit, bawang merah dan bawang putih hingga layu setelah itu tambahkan sedikit air sehingga sambel terlihat sedikit cair. tambahkan sedikit garam gula, terasi dan fitsin secukupnya.. sehingga Rasanya Pass.
*Pisang Peppe dan Sambal Terasi siap untuk dinikmati..

itulah resep sanggar peppe silahkan di coba dirumah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar